IKWI Jambi Potong Tumpeng, Meriahkan HUT ke 61 IKWI Ketua DPRD Tanjabbar Ucapkan Gong Xi Fa Cai Bagi Warga Yang Merayakannya Sebanyak 14 KK dan 40 Jiwa 1 LansiaJadi Korban Kebakaran di Parit 1 Bupati Tanjabbar Hadiri Workshop Pengelolaan Keuangan di Bandung Wabup Tanjabbar Hadiri Gathering Bersama BRI Cabang Kuala Tungkal

Home / Covid 19 / Pemerintahan / Peristiwa

Minggu, 16 Januari 2022 - 11:26 WIB

Bupati Tanjab Barat Peringati Haul ke-11 Syekh Muhammad Ali Bin Abdul Wahab di Ponpes Baqiyatush Shalihat

Mengenang dan Baktinya Pada Ayahandanya, Bupati Tanjab Barat Peringati Haul di Ponpes Baqiyatush Shalihat
*Tiga Tahun Terhenti  Haul  Syekh Muhammad Ali Bin Abdul Wahab atau Ayah Ali, Alhamdulillah tahun ini terlaksana.
TANJAABBAR-WARTAJAMBI.ID-Drs H Anwar Sadat, M.Ag sangat bahagia karena tiga tahun, Haul Ayahanda nya Syekh Muhammad Ali Bin Abdul Wahab atau Ayah Ali, tidak dilaksanakan karena Pandemi Covid 19.
Pada tanggal 15 Januari 2022, bertempat di Halaman Ponpes Al Baqiyatush Shalihat, kegiatan Haul yang  sebelumnya diisi dengan dzikir dan tahlil serta tausiyah agama oleh Habib Abu bakar bin Ali Baaqil, LC serta Pembacaan Manaqib Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab oleh KH Abdul Hakim langsung dihadiri oleh Bupati Tanjab Barat, Drs H Anwar Sadat,M.Ag adalah anak dari Ayah Haji Ali, Syehk/Kyai yermashur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang juga Pemilik Ponpes Al Baqiyatush Shalihat yang telah menghasilkan berbagai Ulama di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ke Tujuan ini sampai ke Negeri Jiran, Tanah Suci Mekkah dan Luar Negeri.
Menghadiri peringatan Haul ke-11 Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab atau yang dikenal dengan Ayah Ali di Pondok Pesantren Al – Baqiyatush Shalihat, dihadiri juga oleh Wakil Bupati Tanjab Barat, Hairan, SH, Asisten II Provinsi Jambi, Ketua TP-PKK Tanjabbar,  Hj. Fadillah Sadat, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sekda Tanjabbar, Ketua MUI Tanjabbar, para kepala OPD, Unsur Forkopimda dan sejumlah guru Pondok Pesantren serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Bupati Tanjab Barat, menyampaikan bahwa peringatan Haul Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab sudah hampir tiga tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19, namun ia bersyukur di tahun ini bisa kembali digelar.
“Alhamdulillah di tahun ini bisa kembali digelar, tentunya dengan penerapan prokes yang ketatat,” ujarnya Ustad  sapaan Bupati ini bahagia.
Haul Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab digelar untuk mengenang napak tilas sejarah perjuangan Ayahanda yang sudah menjadi agenda rutin tahunan oleh alumni Ponpes Al-Baqiyatush Shalihat dan jamaah Toriqoh Wa Naqsyabandiyah Tanjabbarat, Sekaligus ajang silaturahmi seluruh Alumi Ponpes Al-Baqiyatush Shalihat dan tarekat se- Kab.Tanjab Barat.
“Haul ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi para alim ulama, para habib, Pemkab, serta kaum muslim, alumni, khususnya yang ada di Kabupaten Tanjabbarat,” ujarnya.
KH muhamad Ali A Wahab merupakan pendiri Ponpes Al-Baqiyattus shalihat, beliau membangun pesantren dengan perjuangan yang sangatlah berat karena saat itu di Tanjabbarat infrastruktur jalannya sangat sulit.
Kemudian Asy Syeikh Kiai H Muhammad Ali bin Syeikh H Abdul Wahab bin Asy Syeikh H Ismail atau lebih dikenal dengan nama Ayah dikalangan para guru/ustaz dan santri merupakan ulama besar yang tidak hanya terkenal di Kuala Tungkal, namun hingga ke seluruh pelosok tanah air dan negara tetangga.
Beliau tidak hanya Muasis Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat yang kini menampung ribuan santri, tetapi juga Mursyid (Pendiri) dibalik berdirinya Jam’iyyah Toriqoh Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah wilyah Sumatera.
Syeikh Muhammad Ali juga merupakan ulama yang sabar dan istiqamah, tak pernah mengenal lelah dalam menyebarkan ajaran Islam ahlussunnah wal jama’ah kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tanjabbarat.
Pada kegiatan haul juga dilaksanakan penyerahan syahadah para penghafal Al-Qur’an kepada santri dan santriwati Al-Baqiyatush Shalihat sekaligus penyerahan mahkota kepada santriwati oleh Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat.
Hj.Halimah, salah seorang warga masyarakat yang berasal dari Kec.Kuala Betara, ketika ditanya media ini, mengaku sangat senang sekali, Haul Ayah Ali dilaksanakan lagi. Dengan bahasa Banjar nya dia mengatakan, “bersyukur dan berterima kasih pada Bapak Bupati Anwar Sadat yang juga anak Ayah Ali. Kami sangat rindu sekali dengan Ayah Ali, beliau Kyai yang sangat baik dan jadi panutan kami. Sebagai warga Tanjab Barat, dulu kami sering minta didoakan Ayah Ali.
Ceritanya, dulu bapak saya sakit, kami datang ke rumah Ayah Ali, kami diberi air putih, disuruh minumkan pada bapak kalau sampai di rumah, saya laksanakan, Alhamdulillah, berkat doa dan perantara Ayah  Ali, bapak saya sehat. Itu yang selalu keluarga kami ingat. Semoga Alm Ayah Ali, ditempatkan di Syurganya Allah, ujar Halimah sambil memeluk foto gambar Ayah Ali yang dibelinya di tempat Haul. (ttg)
BACA LAINNYA  Ketua DPRD Tanjabbar Ucapkan Gong Xi Fa Cai Bagi Warga Yang Merayakannya

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Warga Desa Pembengis Ucapkan Terima Kasih pada Bupati

Pemerintahan

Wabup Hadiri Pelantilan BPD KKSS Tanjab Barat

Ekonomi

Bupati Tanjab Barat Minta Semua Perusahaan Harus Berdayakan Tenaga Lokal

Kesehatan

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Peristiwa

Kapolres, AKBP Muharman Arta,S.IK, Cek Pos PAM Nataru

Peristiwa

HBA Terpilih Jadi Ketua LAM Jambi Prov. Jambi Periode 2021-2026

Pemerintahan

Dinsos Akan Beri Sanksi Tegas Kalau Ada Oknum Mengambil Keuntungan Dari BLT

Pemerintahan

Bupati Turun Gunung Cek Langsung Perbaikan Jalan Rusak Di Desa Pembengis