Ketua DPRD Tanjabbar Ucapkan Gong Xi Fa Cai Bagi Warga Yang Merayakannya Sebanyak 14 KK dan 40 Jiwa 1 LansiaJadi Korban Kebakaran di Parit 1 Bupati Tanjabbar Hadiri Workshop Pengelolaan Keuangan di Bandung Wabup Tanjabbar Hadiri Gathering Bersama BRI Cabang Kuala Tungkal Wabup Hadiri Pelantilan BPD KKSS Tanjab Barat

Home / Pemerintahan / Ekonomi / Tanjabbar

Kamis, 9 Desember 2021 - 19:53 WIB

Bupati Hadiri Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kab. Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL – Sebanyak 48 orang penggurus Dekranasda Kab. Tanjung Jabung Barat periode 2021-2024 di kukuhkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Ny. Hj. Fadillah Sadat.

Prosesi Pelantikan dan penandatangan SK dipimpin oleh Ketua Dekranasda Tanjabbar Hj Fadhilah Sadat yang mengukuhkan pengurus dan Ketua Harian yang dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tanjabbar, Syafriwan dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis (9/12/21), dihadiri oleh Wakil Ketua Pengurus Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih Sudirman, Bupati Tanjab Barat, Drs H Anwar Sadat, M. Ag, selaku Pembina Dekranasda Tanjab Barat, Kapolres, Dandim 0419/Tanjab, Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal, Sekda, Kepala OPD, Perwakilan Kepala Instansi Vertikal serta pengurus Dekranasda se-Kab. Tanjab Barat.

Setelah proses pelantikan, ditampilkan tayangan Bupati yang memberikan support terhadap kerajinan daerah di Tanjabbar, serta tayangan Ketua Dekranasda yang memperlihatkan proses pembuatan kerajinan batik.

Bupati berkesempatan membuat batik cap

Selanjutnya Pameran batik Tanjabbar yang motifnya dibuat secara langsung oleh Hj Fadhilah Sadat dengan ciri khas kearifan lokal Tanjabbar, yaitu batik motif pisang, batik motif rehal tuding ngaji, motif batik pisang tanduk, batik motif daun pandan, batik motif daun putat dan Batik motif keladi .

Pada kesempatan ini Ketua Dekranasda Tanjab Barat, Hj Fadhilah Sadat, berharap dengan telah dilantiknya pengurus Dekranasda Tanjab Barat masa bakti 2021 – 2024, pihaknya berharap Dekranasda komitmen mengembangkan kerajinan khas yang ada di Tanjung Jabung Barat.
“Seperti Batik yang saat ini sangat kita kembangkan, agar dapat mengangkat potensi alam melalui sentra Batik. Batik ini tidak hanya terfokus pada satu corak saja, tetapi tersebar di 13 Kecamatan yang ada, dengan cara membuat corak dengan ciri khasnya masing – masing,” tandas Umi Dillah sapaan akrab istri Bupati ini.

Dengan begitu, pihaknya akan berupaya mempromosikannya ke pasar Nasional, yaitu dengan bekerjasama dengan Dekranasda se-Indonesia, dalam mengembangkan kerajinan khas Tanjab Barat ditingkat pemasarannya.

“Visi kita mendapatkan pangsa pasar yang strategis. Untuk yang masih kurang di show room Dekranasda akan kita tingkatkan, dengan membangun rumah Dekranasda yang didalamnya ada aneka kerajinan – kerajinan khas Daerah Tanjab Barat. Mulai dari kerajinan tangan, makanan khas kita seperti kletek, terasi dan aneka olahan see food lainnya, hasil kekayaan laut di Bumi Serengkuh Dayung Serentak ke Tujuan ini. Akan dikolaborasikan juga antara hasil UMKM, Dekranasda dan PKK harus saling bekerjasama,” ujar Umi Dillah

BACA LAINNYA  Wabup Hadiri Pelantilan BPD KKSS Tanjab Barat

Kadis Perindag, Safriwan, SE, dalam sambutannya mengatakan, kalau pelantikan pengurus Dekranasda ini merupakan tindak lanjut dilantiknya Ketua Umum Dekranasda Tanjab Barat, Hj Fadillah Sadat beberapa waktu lalu oleh Istri Gubernur Jambi.

Kadis Perindag dan UMKM, Syafriwan, SE

Terobosan beliau sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, ini wujud tanggung jawab ibu ketua dalam mewujdkan amanah dan tanggung jawab dekranasda dalam mewudjudkan visi misi dekranasda dan visi misi bupati dan wakil bupati, Peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Syafriwan mengatakan akan melakukan pembinaan pengarajin di Tanjabbbar dengan peeningkatan mutu dan daya saing melalui pelatihan dan bimbingan teknis.

“Dekranada Tanjabbar telah melaksanakan dua pelatihan, pelatihan membantik bagi pemula dan mahir kemudian pelatihan kerajinan di daerah Pematang Buluh,” ujar Syafriwan.

Ia menambahkan akan terus memperjuangkan kepentingan pengrajin, dan siap bersinergi dengan Pemerintah untuk meningkatkan pengrajin dan potensi kerajinan lokal Tanjabbar.

Kemudian ia juga mengapresiasi Ketua Dekranasda Tanjabbar, Hj Fadhilah Sadat yang telah memberikan ide dan kreatifitasnya untuk kerajinan di Tanjabbar.

“Telah ditampilkan tadi batik motif Tanjabbar yang terbaru, yang merupakan ide murni ketua dekranasda Tanjabbar, yang sering turun ke lapangan dan melihat pengrajin lokal dan potensi kerajinan lokal dan mewujudkan motif terbaru yang merupakan kreatifitas ibu Ketua Dekranasda,” jelasnya.

Ummi Dillah, memamerkan batik kreasinya sendiri

Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat selaku pembina Dekranasda Tanjabbar selamat kepada pengurus Dekranasda yang bari saja dilantik.

“Selamat kepada pengurus Dekranasda yang telah dilantik, Semoga dapat mengabdikan dirinya baik bangsa dan negara dan kemajuan kabupaten Tanjabbar,” ucapnya.

Ia mengatakan merasa sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Dekranasda yang merupakan sebuah upaya bersama dalam rangka menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki. Untuk berinovasi, berkreatif dalam rangka menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang bersumber dari potensi alam yang dimiliki.

BACA LAINNYA  Bupati Tanjab Barat dan Istrinya Sakit

Bentuk support pemerintah terhadap dekranasda dan kerajinan, saat ini setiap hari Selasa setiap pegawai negeri di Tanjabbar harus menggunakan batik khas Tanjabbar, yamg dibuat oleh pengrajin di Tanjabbar, dijahit di Tanjabbar sehingga juga meningkatkan kesejahteraan pengrajin.

“Saya juga sudah merencanakan dekranasda dan pkk kerjasama dengan seniman, saya akan buka,.setiap sabtu dan minggu disitu ada pembatik, penjual batik, barista kopi, makanan khas, kita akan coba untuk menggiatkan umkm dan kerajinan kita,” ujarnya.

Wakil Ketua Harian Dekranasda Jambi, Iin Kurniasih Sudirman mengatakan Provinsi dan Kabupaten bersinergi bersama sama meningkatkan peran Dekranasda.

Wakil Ketua Harian Dekranasda Jambi, menerima plakat dari Ketua Dekranasda Kab. Tanjab Barat

Kemudian ia menjelaskan Dekranasda ini adalah kriya, ada 7 kelompok kriya, kramik dan tanah liat, serat alam, tekstil dan lembaran kain, kayu kayuan, batu batuan dan material alam.

“Di Tanjabbar untuk serat alam, sudah dibuat kerajinan tas purun, dan kami juga sudah pernah membelinya,”. Kalau ada bahan dari kayu-kayuan, mungkin bisa juga dibuat jadi hasil kriya yang bernilai jual, ujarnya.

Ia juga berpesan untuk selalu menggunakan dan membanggakan hasil produk lokal. “Jadi karya kita sendiri baik atau buruk akan kita banggakan,” ujarnya.

Demi mendukung kemakmuran masyarakat, Iin mengajak pengurus berkolaborasi dengan Dekranasda Provinsi baik instansi vertikal, swasta komunitas untuk bersinergi meningkatkan krearifitas dan inovasi kerajinan lokal.

Ia juga menawarkan kepada para pengrajin, batik khususnya untuk bisa memasarkan produknya melalui toko online milik Provinsi Jambi, belanjo. co. id.

“Kita ada aplikasi belanjo.co.id, para pengrajin kita bisa masukan, itu punya Jambi, dengan belanjo.co.id kita bisa masukan produk-produk dengan mudah, karena punya kita,” jelasnya.

Terakhir ia mengimbau untuk mengidentifikasi para pengrajin, agar lebih mudah kedepannya pembinaan, saat ini pendataan masih dilakukan secara manual, artinya dalam membina jangan sampai ada yang dua atau tiga kali, sehingga punya database para pengrajin supaya tidak salah, pungkasnya.

Selanjutnya sebelum makan siang, Wakil Ketua Harian Dekranasda Jambi, Iin Kurniasih Sudirman, didampingi Ketua Dekranasda Tqnjab Barat, Hj Fadillah Sadat dan Bupati Tanjab Barat, Ustad Anwar Sadat diajak membatik oleh Kadis Perindag disaksikan semua tamu undangan yang hadir.

 

Share :

Baca Juga

Kondisi speed boat yang menabrak batang pohon pidade

Peristiwa

Ulah Batang Pidade, Spead Botd Pecah, Enam Penumpang di Larikan Ke Rumah Sakit, Terluka

Peristiwa

Kapal Larat KM Serba Guna Tumbur Jembatan WFC

Pemerintahan

Riano Jayawardana Dilantik Lagi Jadi Ketua Partai Nasdem

Pemerintahan

Bupati Turun Gunung Cek Langsung Perbaikan Jalan Rusak Di Desa Pembengis

Infografis

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Ekonomi

No Arms, No Legs, No Worries

Peristiwa

Ketua DPRD Tanjabbar Ucapkan Gong Xi Fa Cai Bagi Warga Yang Merayakannya

Peristiwa

Bupati Tanjab Barat dan Istrinya Sakit